Fungsi Komputer Bagi Siswa SMA



 ARTIKEL WAWANCARA TENTANG FUNGSI KOMPUTER



Tulisan ini adalah untuk memenuhi tugas ataupun sebagai pengganti UAS semester 1.


Nama                : Muhammad Khasbi Minannurrohman
Kelas                : PAI 1 C
Prodi                 : PAI
Narasumber      : Lina Indah Lestari

Akun Media Sosial Penulis

  1. FB                   : Muhammad Khasbi Minannurrohman
  2. IG                    : MINAN_KHASBI
  3. Blogger           : inansanjaya.blogspot.com
  4. E-mail              : ennoinan52@gmail.com
  5. CP.                  : 089619628122
  6. Pin BBM         : 59E5A741
 
Profil dari Narasumber

  1. Nama               : Lina Indah Lestari
  2. Sekolah           : SMA N 2 Kebumen
  3. Kelas               : XII IPS 3
  4. Alamat            : Kecamatan Sruweng, Desa Trikarso, Rt 05 Rw 03











KOMPUTER BAGI SEORANG SISWA

Oleh : Muhammad Khasbi Minannurrohman




Sebuah hasil riset (wawancara) yang saya lakukan dengan salah satu siswa SMANDA yang berprestasi dalam bidang tulis menulis. Beberapa prestasi yang telah ditorehnya adalah sebagai kategori terfavorit se-JATENG, DIY yang diselenggarakan di UNNES, Juara 3 film pendek Kabupaten, Harapan 5 menulis Cerpen se-SMAN 2 Kebumen. Selain itu semua, jabatan yamg pernah ia pegang selama di sekolah kelas 1 dan 2 adalah pernah menjadi staf redaksi Majalah Talenta dan ketua umum ekstrakulikuler KIR (Karya Ilmiah Remaja).

Atas dasar itulah, saya mewawancarai tentang komputer kepada dia. Wawancara dilaksanakan pada tanggal 04-01-2017 di kediaman narasumber (Lina Indah Lestari) sekitar jam sembilan malam. Metode yang digunakan untuk memperoleh adalah melalui tanya jawab secara langsung. Adapun rumusan masalah yang dibahas adalah tentang ;manfaat komputer bagi narasumber.

Menurut narasumber, komputer adalah sebuah alat elektronik yang biasa digunakan untuk mengolah data, mencari informasi dan untuk mempermudah pekerjaan sehari-hari bagi orang-orang tertentu yang membutuhkan. Saya sedikit tercengang dengan pernyataan itu, terutama kalimat yang terakhir, walaupun yang tadinya saya belum percaya akhirnya sekarang percaya juga. Memang argumen yang dia berikan tentang kalimat yang terakhir itu bukanlah tanpa dasar yang bebas, tetapi menggunakan pemikiran yang cerdas dan tepat. Makanya saya percaya dengan pernyataan tersebut.

Kemudian, berkaitan dengan fungsi dari komputer bagi narasumber dalam konteks pribadi sebagai seorang yang aktif menulis dan berkarya, dia memaparkan jawaban yang sangat bagus. Dia mengatakan, “komputer dapat menjadi media penyalur hobi, tempat pencurahan kreatifitas, sumber informasi melalui internet dan tempat sharing hasil karya dalam bentuk blog, ataupun bentuk lainnya”. 

Fungsi itu, sangat berbeda dengan fungsi dalam konteks dia sebagai siswa, dia mengatakan bahwa, fungsi komputer adalah untuk mengerjakan tugas, menyampaikan presentasi, mengirim dan mendownload tugas, menghibur diri dengan menonton film, mencari referensi, menambah materi serta soal-soal dan juga menambah relasi. Dari pernyataan narasumber di atas, dapat diketahui bahwa komputer tidaklah selalu berbau negatif. Artinya pernyataan ini bertolak belakang dengan komentar-komentar orang yang mengatakan bahwa komputer merusak dan membuat orang jadi malas serta hanya akan menghasilkan yang buruk-buruk.

Saya sempat menanyakan mengapa dia lebih memilih memakai komputer dibanding smartphone dalam mencari sebuah informasi ataupun materi-materi. Dia menjawabnya dengan berdalih bahwa dia tidak punya smartphone. Padahal menurut saya smartphone itu lebih simple daripada komputer. Jawaban tersebut bukan tanpa alasan, dia menyatakan bahwa komputerlah yang lebih simple daripada smartphone, sebab di dalam smartphone kurang jelas tulisannya, sementara di dalam komputer, tulisan dan gambarnya lebih jelas, selain itu jika ada tulisan yang ingin dicopy akan sangat mudah dan efesien tanpa harus memindah-mindah menggunakan kabel data.   

    Menurutnya, komputer paling sering digunakan ketika pelajaran kewirausahaan, sosiologi, dan sejarah. Sebab mapel inilah yang biasanya ada tugas membuat makalah, presentasi, maupun laporan tugas observasi untuk mapel. Untuk membuat power point tidak kalah seringnya, karena tanpa power point rasanya hampa baginya (untuk persentasi). Dari situ, muncullah pertanyaan lagi, yaitu “aplikasi apa yang paling sering digunakan dalam mengoperasikan komputer?.” Google aplication, microsoft world, power point, dan video player. Saya juga sempat menanyakan, bagaimana jika komputer tidak ada?. Lari ke warnet ataupun pinjem sama temen, katanya.

Sebelum saya menutup wawancara, dia sempat mengeluarkan nasihat kepada saya, yang mungkin juga dimaksudkan untuk yang lain juga.  

Kira-kira seperti ini yang ia katakan ; “Untuk kamu yang masih baru dengan komputer, sering-seringlah berlatih mengetik. Kalau bingung mau menulis apa, tulislah diary anda pada world. Dan untuk kamu yang sudah berteman dengan komputer, terutama untuk para mahasiswa, saya sarankan untuk memanfaatkan komputer se-efisien mungkin. Seperti untuk bisnis online, dll.”  

Kira-kira seperti itulah hasil wawancara saya dengan narasumber (Lina Indah Lestari). Saya lampirkan beberapa gambar sebagai tanda bukti.        





2 Comments

Post a Comment

Previous Post Next Post