Aku Ini Apa?


Aku Ini Apa?

Aku ini apa?
Apakah aku air yang tumpah dari sawah?
Atau, apakah aku tetesan air yang jatuh dari langit?
Apa mungkin aku air keruh yang mengalir di kali kumuh itu?
Entahlah, akupun tak tahu

Yang ku tahu
Air adalah sendi-sendi kehidupan
Tetesannya pun mampu memecahkan batu yang keras
Rintikkannya mampu menggairahkan jiwa
Biasnya pun mampu menyilaukan mata

Tapi yang tidak ingin ku tahu
Air bisa jadi lambang kekecewaan
Air bisa melahap sendi kehidupan
Bahkan mematikan
Air pun bisa menipu, ketika menetes tanpa keikhlasan

Aku jadi bimbang
Aku ini apa dan harus bagaimana?
Ke depan lautan, ke belakang jurang

Akankah aku berjalan miring seperti kepiting yang bodoh itu?
Ataukah aku harus meminjam tongkat Baginda (Musa) untuk melangkah ke depan?
Ku rasa tak perlu
Karena mungkin aku akan bernasib sama seperti raja busuk itu


Trikarso, 03 Desember 2016

***

Post a Comment

Previous Post Next Post