Akal dan Mahasiswa Jaman Now







                        Apa yang seharusnya dilakukan sebagai seorang mahasiswa jaman now ?


Oleh Khasbi



Sebenarnya banya pertanyaan yang muncul pada otak saya yang terbenang merahkan pada pertanyaan "kenapa manusia tidak bisa sadar akan realita ?"

Utopis yang seringkali dijadikan akar persoalan kenapa manusia sulit untuk sadar adalah bagian penting yang harus dikuliti dalam pembahasan ini. Utopis adalah perandaian, lebihnya adalah sebuah angan-angan yang diluar kemampuan manusia. 

Utopis ini sangat melekat pada manusia yang sudah sejak kecil di cekoki dengan dogma-dogma agama yang melarang kebebasan berpikir. Hanya karena tidak sesuai dogma, muncul statement-statement yang menganggap berfikir (berfilsafat) merupakan barang yang sesat. 

Sebenarnya, dogma agama yang "dibuat oleh manusia" sangat bertentangan dengan konsep kebenaran absolute Tuhan--bahwa kebenaran adalah mutlak milik-Nya--bukan milik manusia, yang kemudian dimonopoli dalam kemasan dogma.

Dari dogma (penafsiran/ajaran yang dipaksakan untuk dibenarkan dan tidak boleh ditentang) ini sikap malas menggunakan akal dimulai, akhirnya yang timbul hanya pemikiran utopis yang tidak mampu merealitakan dalam kehidupan manusia dan cenderung mengedepankan dogma ketimbang akal (rasio) dan realita. 

Padahal, Tuhan sendiri seringkali menyitir manusia supaya menggunakan akal untuk memahami dan mengambil apa-apa atas yang di ciptakan-Nya.

Lalu apa hubungannya dengan mahasiswa jaman now dong ?.
Upss... Gunakan akalnya ya

19-11-17

Post a Comment

Previous Post Next Post